Thursday, January 3, 2013

Platform Game


Sebuah permainan platform (atau platformer) adalah permainan video yang ditandai dengan mengharuskan pemain untuk melompat ke dan dari platform ditangguhkan atau hambatan atas (melompat teka-teki). Itu harus mungkin untuk mengendalikan melompat dan jatuh dari platform atau kehilangan melompat. 
Unsur pemersatu yang paling umum untuk game di genre permainan video adalah tombol melompat, melompat mekanik lainnya termasuk berayun dari lengan diperpanjang, seperti di Ristar atau Commando Bionic, atau memantul dari springboards atau trampolin, seperti pada Gelombang Alpha. 
Mekanika, bahkan dalam konteks genre lain, biasanya disebut platforming, sebuah verbification platform. 
Permainan di mana melompat adalah otomatis sepenuhnya, seperti The Legend of Zelda: Ocarina of Time, berada di luar genre.
Permainan platform berasal dari awal 1980-an, dan penerus 3D yang dipopulerkan di pertengahan 1990-an. Istilah itu sendiri menggambarkan permainan di mana melompat pada platform merupakan bagian integral dari gameplay, dan datang ke menggunakan beberapa saat setelah genre telah ditetapkan, tetapi tidak lebih dari 1983 [1] [2]. [3] Namun, tidak genre murni dan sangat sering ditambah dengan unsur-unsur dari genre lain, seperti elemen penembak di Contra, unsur petualangan dari Flashback atau unsur-unsur RPG dari Castlevania: Symphony of the Night.

Platform Genre

Platform game, juga biasa disebut platformer, adalah game yang dalam gameplay nya melibatkan perjalanan antar platform dengan cara meloncat (biasanya juga berayun dan memantul). Genre ini biasanya dihubungkan dengan tokoh-okoh kartun seperti sonic the hedgehog, Mario, dan rayman, walaupun mungki mempunyai tema yang lainnya. Elemen-elemen tradisional dari game ini termasuk berlari, lompat, dan memanjat tangga atau pijakan. Genre ini seringkali meminjam elemen dari genre lain seperti fighting atau perkelahian dan shooting atau tembak-menembak.
Meliputi : blobular, Tricky Rick, Overheat, Detective, Everybody, Ninja Frog, Pig and Dick3, Pixelvania, Sonic, Sky Island, Gunboot, R.I.F.T. Platform game merupakan dimana game yang akan dikembangkan untuk dijalankan. 



Platform Console

Platform game merupakan dimana game yang akan dikembangkan untuk dijalankan. Jenis platform game secara umum :

1. DOS
Masa keemasan platform ini sudah selesai. Namun kini sudah tidak dikembangkan lagi karena perpindahan sistem operasi yang beralih ke windows atau konsol yang lain. Akan tetapi masih banyak resource di internet yang masih menyediakan pembahasan dan programming dengan DOS.

2. Windows
Saat ini game yang berjalan di platform ini sangat mendominasi pasar.
 Memamfaatkan kemampuan windows untuk tampilan yang menarik dengan kemampuan DirectX yang disediakan Microsoft, menjadikan para pengembang game umumnya di platform ini. Tools dan software untuk membuat game sangat banyak tersedia di platform windows.


3. Linux
Pengembang game di platform ini masih sedikit game yang dibuat. 
Tetapi kemudahan lain adalah tersedianya berbagai aplikasi yang gratis, sehingga walaupun komunitasnya sedikit, namun bisa membuat berbagai game yang tidak kalah platform windows.

4. Macintos
Mac atau macintos merupakan sistem operasi yang dikeluarkan  Apple yang stabil dan fitur yang sangat baik. Dari awal macintos tidak terlalu banyak bersinggungan dengan dunia game, walaupun salah satu kelebihan platform ini adalah fitur grafik dan suara yang sangat baik dibandingkan windows.

5. Console
Persaingan platform windows adalah mesin konsol, seperti Playstation dan Xbox pada masa kini. Pemrograman di mesin konsol hampir sama dengan platform windows, namun terdapat tingkat kesulitan dalam mengembangkan game di platform ini.
 Secara individu, peralatan dan lisensi yang ada pada studio pengembang harganya sangat mahal karena demi menjaga mutu dan hak ciptanya.

6. Mobile
Mulai banyak mobile game yang akan dibuat dan dirancang khusus di platform ini. Bahkan sudah menjadi pesaing untuk beberapa jenis game seperti game online. Walaupun tidak sehebat game komputer atau konsol, tetapi dengan kemudahan dan jumlah peralatan yang banyak digunakan untuk alat komunikasi akan membuat platform ini menjadi pilihan sebagian pengembang. 
Umumnya menggunakan bahasa pemrograman java.

No comments:

Post a Comment